Minggu, 12 Juni 2011

People And Promotion Hotel Beriman

      People
            Perusahaan yang menyediakan jasa keberhasilannya dalam menggaet konsumen ditentukan dari kepiawaian petugas dalam melayani konsumen yang hendak menikmat jasa yang ditawarkan, oleh kerena jasa memiliki salah satu sifat tidak berwujud maka sebuah kewajiban bagi petugas untuk meyakinkan para konsumennya.
            Menurut Hurriyati, (2008:62) people dalam jasa adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan, dan merupakan faktor yang memegang peranan penting bagi semua organisasi.  
            Jika melihat dari pengertian diatas banyak hal yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen berkaitan dengan masalah orang dalam industri jasa, seperti misalnya perilaku karyawan baik dalam cara berbicara, mengenakan pakaian serta cara melayani konsumen. Yang harus menjadi perhatian bagi perusahaan jasa adalah pola perekrutan sumber daya manusianya dari awal harus diarahkan kepada konsumen. Sebab mereka nantinya akan melakukan hubungan langsung dengan konsumen, tentu saja karyawannya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam hal tersebut.
            Dan dalam hotel beriman ini karyawan sudah dilatih dengan baik karena pada saat perekrutan akan dipilih karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan saya. Dalam pelayanannya sendiri para karyawan hotel saya memperlakukan dan melayani para tamu dengan baik dan sopan. Misalnya pada saat ada tamu yang berkunjung masuk maka ada seorang karyawan dipinggir pintu masuk dan mengucapkan assalamualaikum. Dengan mengucapkan kalimat tersebut diharapkan dapat menarik para konsume lebih banyak karena kata-kata tersebut dalam islam merupakan kata penyambutan yang baik sehinggga para konsumen lebih dihargai dan diperhatikan sejak awal.
      Promosi
            Konsumen memilih serta menggunakan barang maupun jasa kerena mereka terlebih dahulu telah mengenal apa yang mereka butuhkan tersebut, dalam hal ini perusahan harus pandai-pandai mengkomunikasikan apa yang mereka tawarkan kepada konsumen. proses komunikasi antara produsen dengan konsumen dapat diakatan sebagai promosi. Sebab promosi memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan sebuah peusahaan.
            Menurut Hurriyati (2008:57) Promosi merupakan salah satu penentu faktor keberhasilan suatu program pemasaran, betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut akan berguna, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Sedangkan Buchari Alma (2004:179) mendefinisikan promosi sebagai suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar mersedia menerima dan membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
            Dua definisi diatas mengandung makna bahwa yang dimaksud promosi pada dasarnya adalah sebuah proses mengenalkan, memberitahukan serta mengingatkan produk dan jasa yang dihasilkan sebuah perusahaan atau penyedia jasa kepada calon konsumen maupun konsumen, agar mereka memiliki keinginan untuk memiliki produk atau jasa melalui proses pembelian.
       Strategi promosi yang akan digunakan pada hotel beriman ini dengan memasang pamflet dan menyebarkan selebaran diseluruh daerah jombang agar semua orang tahu akan hotel beriman ini. Dan juga dipasang banner besar di tengah-tengah kota supaya jika ada wisatawan yang masuk ke jombang kemudian melihat dan tertarik untuk menginap di hotel beriman ini. Selain menyebarkan selebaran hotel beriman ini juga memberikan selebaran bagi para tamu yang akan chek out supaya para tamu tersebut akan teringat dengan hotel dan berharap akan menginap lagi. Selain itu dari para tamu yang chek out yang dikasih selebaran tersebut diharapkan akan menyebarkan informasi tentang hotel beriman ini. Oleh sebab itu pelayanan dari hotel sangat menentukan strategi promosi pada hotel beriman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar