Minggu, 12 Juni 2011

Strategi Proses Dan Strategi Sarana Fisik Hotel Beriman

 Strategi Proses
            Strategi proses adalah pendekatan organisasional untuk mentransformasi sumber daya menjadi barang dan jasa. Tujuanya adalah mendapatkan cara untuk memproduksi barang dan jasa yang memenuhi permintaan konsumen dan spesifikasi produk dalam batasan biaya dan batasan manajerial lainnya. Proses yang akan mempunyai dampak jangka panjang pada efisiensi dan produksi, begitu juga pada fleksibilitas biaya, dan kualitas barang yang diproduksi.
            Ada empat strategi proses:
1.      Fokus pada proses
2.      Fokus berulang
3.      Fokus pada produk
4.      Fokus pada mass customization
            Dari keempat strategi proses di atas saya menerapkan salah satu yaitu fokus pada proses. Fasilitas produksi yang diatur dalam prosesnya untuk memfasilitasi produksi volume rendah dengan varietas tinggi. Strategi ini sangat cocok untuk hotel beriman saya karena hotel merupakan produk jasa yang dimana jasa difasilitasi dengan beberapa cara pelayanan semaksimal mungkin dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan agar para pelanggan tidak kecewa. Fasilitas hotel beriman ini juga akan terus ditingkatkan demi menunjang kepuasan konsumen dan untuk mendukung proses pelayanan kepada tamu hotel, fasilitas penunjang proses hendaknya ditingkatkan seperti penggunaan komputer, telepon, dan teknologi canggih lainnya agar dapat melayani tamu dengan sebaik-baiknya, seperti pemesanan kamar melalui internet, membuka pelayanan internet bagi tamu hotel dan sebagainya. Aktivitas promosi saya lebih tingkatkan lagi, agar informasi tentang keberadaan hotel beriman dapat menyebar luas hingga keluar kota Jombang.
 Strategi Sarana Fisik (Phycisal Evidence)
            Physical evidence atau kita kenal dengan kata lain “bukti fisik” ini yaitu merupakan suatu hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Bukti fisik adalah lingkungan fisik perusahaan tempat jasa diciptakan dan tempat penyediaan jasa serta konsumen berinteraksi, ditambah elemen tangible yang digunakan untuk mengkomunikasikan atau mendukung peranan jasa itu.
           Berdasarkan penjabaran tersebut dapat di simpulkan bahwa
bukti fisik adalah struktur fisik dari sebuah perusahaan yang merupakan komponen utama dalam membentuk kesan sebuah perusahaan. Bukti fisik memiliki peranan penting untuk menarik minat konsumen agar datang ke suatu perusahaan dan melakukan pembelian.
              Unsur-unsur ini sangat diperlukan dalam memajukan perusahaan, karena hal ini dapat mempengaruhi penilaian pelanggan terhadap jasa perusahaan. Unsur-unsur yang termasuk ke dalam physical evidence, antara lain :
1)      Lingkungan fisik
Eksterior selalu dikaitkan dengan seni atau keindahan, dimana eksterior adalah cerminan awal dari pengunjung dalam beraktivitas pada sebuah hotel. Eksterior memiliki peran yang sangat penting untuk menimbulkan kesan nyaman bagi pengunjung dalam beraktivitas.
Signage adalah setiap jenis grafik visual dibuat untuk menampilkan informasi kepada khalayak tertentu. Ini biasanya diwujudkan dalam bentuk informasi jalan yang dicari ditempat-tempat seperti jalan-jalan atau di dalam/di luar bangunan. Tanda-tanda ini ditampilkan pada eksterior dan interior yang digunakan sebagai label hotel beriman ini untuk penunjuk arah (seperti pintu masuk) dan menyampaikan aturan-aturan perilaku (tidak merokok).
Fasilitas parkir untuk umum di luar badan jalan dapat berupa taman parkir dan/atau gedung parkir. Penetapan lokasi dan pembangunan fasilitas parkir untuk umum, dilakukan dengan memperhatikan rencana umum tata ruang daerah, keselamatan dan kelancaran lalu lintas, kelestarian lingkungan, dan kemudahan bagi pengguna jasa.
Pemandangan terdiri dari fitur yang terlihat seperti luas tanah, termasuk elemen-elemen fisik seperti bentang alam, unsur-unsur hidup flora dan fauna, unsur-unsur abstrak seperti pencahayaan dan kondisi cuaca, dan unsur-unsur manusia seperti aktivitas manusia dan lingkungan binaan. Dan suasana pemandangan ini ditujukan agar para tamu betah menginap di hotel beriman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar