Sabtu, 11 Juni 2011

Pemasaran Relasional Hotel Beriman

           Pamasaran Relasional
         Pemasaran relasional menekankan rekrutmen dan pemeliharaan (mempertahankan) pelanggan melalui peningkatan hubungan perusahaan dengan pelanggan. Mempertahankan pelanggan jauh lebih murah dari pada mencari pelanggan baru, menurut penelitian diperlukan biaya lima kali lipat untuk mendapat satu orang konsumen baru dari pada mempertahankan satu orang yang sudah menjadi pelanggan.
·         Penekanan dari fokus berorientasi transaksi menjadi hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
·         Pemasaran relasional berfokus pada kualitas, customer service, dan aktifitas pemasaran.
Pasar Internal
            Pemasaran internal memiliki dua konsep utama:
·    Setiap karyawan dan setiap departemen dalam organisasi adalah pelanggan internal dan pemasok internal. Operasi optimal organisasi tersebut terjamin bila individu dan departemen memberi dan menerima layanan terbaik.
·   Memastikan seluruh staf bekerjasama sesuai misi, strategi, tujuan yang ditentukan organisasi. Diharapkan misalnya penerima telepon memberikan kontak pribadi terbaiknya dengan pelanggan.
Hotel beriman akan memberikan bonus dan kenaikan gaji bagi karyawan yang mempunyai kinerja bagus atas kontribusi dan pengabdiannya kepada hotel. Membangun hubungan dengan karyawan hotel sangatlah penting karena tanpa ada karyawan hotel beriman ini tidak akan berjalan.
      Selain menjalin hubungan dengan para karyawan, pihak hotel juga akan menjalin hubungan dengan pelanggan eksternal yaitu para pelanggan. Dengan memberi diskon atau potongan biaya menginap sebesar 30% jika menginap lebih dari tiga hari. Selain dapat potongan biaya para tamu yang menginap juga mendapatkan makan gratis di hotel selama sehari. Dengan program relasional tersebut diharapkan para konsumen tertarik  menginap di hotel dan mengedepankan hubungannya dengan para pelanggan yaitu dengan para tamu yang menginap di hotel. Dengan cara melayani para tamu dengan sebaik mungkin seperti memperlakukan pelanggan seperti raja selain juga memperlakukan pelanggan sebagai partner atau rekan kerja dalam usaha karena jasa pelayanan hotel sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel beriman ini. Sehingga fasilitas yang ada di hotel harus terus dijaga dan ditingkatkan agar para konsumen atau para tamu mencapai titik kepuasannya dalam menggunakan jasa hotel ini.
      Di hotel ini juga disediakan kotak saran bagi para tamu. Kotak saran ini digunakan untuk mengetahui saran atau kritik dari para tamu jika para tamu tidak mau mengungkapkannya secara langsung. Dengan adanya kotak saran ini pihak hotel dapat menerima semua saran dan kritikan yang baik yang bertujuan untuk membangun hotel lebih maju dan berkualitas sesuai dengan apa yang diinginkan para konsumen pada zaman sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar