Minggu, 12 Juni 2011

Positioning Dan Diferensiasi Hotel Beriman

           Positioning mencakup perancangan penawaran, rancangan penawaran dan citra perusahaan agar target pasar mengetahui dan menganggap penting posisi perusahaan diantara pesaing. Namun positioning yang baik harus mencerminkan bagaimana/cara target pasar mendefinisikan nilai dan melakukan pemilihan produk jasa yang bersaing. Sedangkan diferensiasi menurut bung Hermawan Kertajaya, adalah sebagai berikut :Semua upaya yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan perbedaan diantara pesaing dengan tujuan memberikan nilai yang terbaik untuk konsumen.
            Tujuan dilakukannya positioning ini adalah untuk membedakan persepsi perusahaan berikut produk dan jasanya dari pesaing. Namun dalam produk jasa, atribut yang dikomunikasikan seputar karakteristik dari jasa. Istilah positioning mengacu pada upaya penempatan atau menggerakkan suatu produk ke suatu tingkatan yang diinginkan dan sesuai dengan perhatian konsumen.
          Terdapat 3 (enam) strategi positioning: positioning berdasarkan atribut/manfaat; kualitas/harga dan pemakaian/aplikasi dan pemakai
Ø        Positioning berdasarkan atribut/manfaat
Positioning ini paling bayak diterapkan, yaitu didasarkan pada manfaat atau atribut tertentu seperti ekonomi, reliabilitas, durabilitas, fitur, dan seterusnya. Di dalam bisnis hotel beriman yang saya jalankan saat ini, saya lebih mengedepankan manfaat dari penginapan hotel ini. Karena dengan merasakan manfaat langsung yang didapat konsumen maka para konsumen akan lebih mengenal hotel ini lebih jauh dan suatu saat bisa berkunjung di hotel ini lagi.
Ø      Positioning berdasarkan kualitas/harga
Dalam strategi ini, positioning dipandang sebagai kontinum antara high quality and high price dan good value at a low price. Dalam hotel beriman yang saya kelola ini, kualitas layanan saya sesuaikan dengan harga karena kualitas kamar yang tersedia dalam hotel saya ini juga berbeda meskipun target dari hotel saya ini adalah pria matang dan berpenghasilan tinggi serta berasal dari daerah perkotaan. Oleh sebab itu perlu adanya diferensiasi produk jasa hotel beriman ini yaitu dibedakan berdasarkan harga. Jika kamarnya bagus dan sarana yang ada di dalam kamar lebih lengkap maka harganya juga berbeda dengan kamar yang biasa dan kualitas layanannya juga berbeda.
Ø      Positioning berdasarkan pemakaian/aplikasi dan pemakai
Positioning bisa dilakukan dengan menggambarkan cara pemakaian produk atau mengasosiasikannya dengan pemakai atau kelas pemakai tertentu di setiap pasar. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dalam hotel ini akan mendapatkan manfaat yang berbeda dan kualitas yang  berbeda disesuikan dengan kelas. Jika orang itu menyewa kamar dengan fasilitas lengkap maka akan mendapatkan manfaat dan tingkat kepuasan yang berbeda dibandingkan dengan kamar yang biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar