Sabtu, 11 Juni 2011

Segmentasi Pasar Hotel Beriman

          Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan untuk suatu barang dan jasa ke dalam beberapa kelompok yang lebih kecil, dimana para anggota masing-masing kelompok mempunyai kesamaan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.  Pada analisis segmentasi pasar, tugas pemasar adalah sebagai berikut.
a. Mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli yang kebutuhannya berbeda.
b. Menentukan letak perbedaan kebutuhan dari masing-masing kelompok
c. Menentukan satu kelompok atau lebih kelompok pembeli yang pemenuhan kebutuhannya sesuai dengan kemmapuan yang dimiliki perusahaan (effective targetting of marketing program).
            Atas dasar kondisi ekonomi, jasa dan fasilitas yang disediakan oleh masing-masing hotel dapat dibuat lima segmentasi hotel, yaitu:
1.      Hotel ekonomis
Hotel yang menyediakan kebutuhan dasar pengunjung, kamar dan ruangan yang bersih dan nyaman dan dekorasi yang secara umum dapat diterima oleh tamu.
2.      Hotel melati
Hotel dengan suasana modern dan mendasarkan diri pada unsur komersial.
3.      Hotel bintang
Hotel dengan suasana modern, komersial, dan berusaha bersaing dengan hotel eksekutif.
4.      Hotel eksekutif
Ciri hotel eksekutif adalah adanya nuansa kemewahan atau mendekati kemewahan dengan dekorasi dan kenyamanan yang menjanjikan.
5.      Hotel mewah
Hotel mewah sudah menunjukkan unsur standar kemewahan tertentu, baik dari segi kemewahan maupun kenyamanan.
Hotel beriman ini termasuk tergolong hotel melati dengan suasana modern, komersial, dan berusaha bersaing dengan hotel lainnya. Pelayanannya juga sangat bagus tidak kalah dengan hotel-hotel pada umumnya. Berdasarkan Lowe dan majalah SWA (tahun 2005) segmentasi pasar indonesia dapat dibagi menjadi 8 segmen. Dan hotel beriman ini mengambil segmen yang ketiga yaitu segmen Orang Alim/Confident Establish dengan ciri-ciri sebagai berikut:
·            Pria
·            Usia matang
·            Berpendidikan tinggi dan tinggal di daerah perkotaan
·   Mereka sangat percaya diri dan berkarakter kuat, menyukai kedamaian dalam kehidupan sosialnya, sangat normatif, dan suka menolong.
Dalam pemilihan segmen ini didasarkan pada banyaknya orang dari luar kota yang datang ke jombang untuk berziarah ke makam KH.Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil gusdur. Dengan banyaknya peziarah yang datang diharapkan banyak orang yang datang di hotel beriman ini.
Segmentasi Berdasarkan Karakteristik Konsumen
a)      Demografis dan sosioekonomi
      Segmentasi demografis membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti umur, jenis kelamin, besar keluarga, siklus kehidupan keluarga, pendidikan, agama, pekerjaan, dan pendapatan. Dan di dalam segmentasi ini pendapatan dan pekerjaan sangat berpengaruh dalam pemilihan hotel yang akan di gunakan untuk menginap atau berbisnis.
b)      Segmentasi psikografi
      Segmentasi psikografi membagi pembeli menjadi kelompok berdasarkan pada perilaku, gaya hidup, atau kepribadian. Dan segmentasi ini sangat berpengaruh dalam pemilihan jasa hotel.
c)      Segmentasi geografi
      Segmentasi geografi membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografi seperti negara, pulau, provinsi, kota, desa, pantai, pegunungan, atau kompleks perumahan. Sebuah perusahaan mungkin memutuskan untuk beropersi dalam satu atau beberapa wilayah geografik ini, atau beroperasi di semua wilayah tetapilebih memperhatikan perbedaan kebutuhan dan keinginanyang dijumpai. Dan didalam bisnis hotel ini wilayah geografik yang strategis sangat menentukan dalam menarik para konsumen untuk menggunakan jasa perhotelan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar