Rabu, 15 Juni 2011

E-Bisnis Hotel Beriman

         Pada prinsipnya, e-Business kerap didefinisikan sebagai “aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi”. Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi (teknologi informasi) yang sangat pesat dewasa ini telah mengakibatkan terjadinya revolusi di dunia perdagangan dan industri. Jika dahulu transaksi bisnis yang harus dilakukan secara tatap muka (face-to-face), melibatkan sejumlah fasilitas dan sumber daya fisik (office and paper), dan mempertukarkan barang dan jasa terkait dengan uang kertas atau receh; maka pada saat ini transaksi serupa dapat dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja secara fleksibel (tanpa harus bertemu muka), dilakukan dengan menggunakan peralatan elektronik (komputer, personal digital assistant, dsb.) dan internet, dimana proses pembayaran dilakukan melalui mekanisme transfer informasi keuangan (credit card, digital money, dsb.)
       Para praktisi bisnis harus melihat fenomena ini sebagai suatu tawaran kesempatan untuk dapat meningkatkan kinerja bisnis dari berbagai segi secara signifikan, karena banyak sekali hal yang dapat dilakukan seperti: memperbaiki efisiensi, efektivitas, transformasi industri, dan lain sebagainya. Intinya adalah, jika praktisi bisnis melihat adanya sumber daya fisik atau proses bisnis yang saat ini dapat didigitaliasikan, maka disitulah kesempatan konsep e-Business dapat diimplementasikan. Syarat utama yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan yang ingin mengimplementasikan konsep e-Bussiness adalah bahwa manajemen perusahaan benar-benar memahami filosofi dasar dari konsep e-Business (bukan sekedar ikut-ikutan atau latah belaka).
            Saya menyadari bahwa kemajuan teknologi dapat menjadi peluang dalam memasarkan hotel beriman saya ini. Oleh sebab itu saya akan membuat situs di internet untuk memudahkan para pelanggan dalam memesan kamar. Situs ini bisa membantu Hotel Beriman untuk mengelola hubungannya dengan pelanggan. Pelanggan pun merasa diuntungkan karena lebih mudah dalam memesan kamar hotel untuk tempat berlibur.

            Karakteristik pemasaran jasa ini sangat unik walaupun maya tetapi seakan-akan disajikan oleh suatu ruangan yang benar-benar nyata dan hidup. Dalam pemasaran jasa situs ini memenuhi karakteristik jasa, antara lain :
a)   Intangibility, artinya jasa ini maya tidak bisa dilihat bentuknya dan lebih bersifat abstrak. Di dalam pemasaran situs Hotel Beriman ini terlihat bebas mewujudkan apapun informasi yang diinginkan pelanggan. Kantornya pun bisa berpindah tempat, maksudnya pelanggan dapat mengakses dimanapun dan kapanpun mereka berada untuk melakukan pemesanan tanpa harus pergi ke kantor pemesanannya.
b)    Heteroginity, pelayanan yang diberikan kepada pelanggan mengalami ketidaksamaan akan tetapidalam jasa situs internet ini yang kita dapati adalah keseimbangan dalam pelayanan terhadap setiap pelanggan, karena berbasis pada alat-alat teknologi yang memiliki kecanggihan tinggi. Dalam masalah heteroginity disini maksudnya tulisan atau website yang dibuat oleh perusahaan tergantung kecenderungan perusahaan menggunakan internet sesuai dengan tujuannya, misalnya untuk reputasi atau benar-benar untuk kemajuan perusahaan yang menggunakan proses IT.
c)   Inseparability, dalam hal ini ketika jasa digunakan misalnya untuk memesan satu kamar hotel maka dalam waktu yang bersamaan situs tersebut memberikan form pemesanan bagi pelanggan.
d)     Perishability, tidak ada tempat untuk menyimpan jasa tersebut secara inventory kecuali data disimpan dalam inbox atau harddisk.
Marketing mix dalam situs ini:
1)         Produk, jasa yang ditawarkan dalam situs ini berupa informasi dan pemesanan on-line.
2)         Price, harga yang ditawarkan bervariatif sesuai dengan fasilitas yang diberikan.
3)     Promotion, memang tidak disebutkan seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk membuat situs ini  tetapi biaya promosi semakin besar untuk membuat situs menjadi lebih terkenal.
4)     Place, perusahaan bekerja sama dengan provider yang menyediakan jasa pencarian, semakin banyak  provider semakin cepat akses ke pelanggan tercapai.
5)         People, sumber daya manusia yang digunakan merupakan SDM dari bagian promosi.
6)     Procees, proses pemasaran jasa situs ini harus berbasis IT base yaitu menggunakan proses teknologi  semua.
7)         Customer service, dalam hal ini beritanya selalu up to date dan kecepatan akses yang tinggi.
            Jasa situs ini membangun relasi dengan pelanggannya melalui penyediaan tempat untuk menampung komentar-komentar pelanggan yang telah mengunjungi Hotel Beriman ini. Dengan demikian ketika pelanggan ingin check in kembali maka akan mengunjungi situs hotel ini kembali.    
            Situs ini saya rasa akan lebih fungsional lagi apabila didukung dengan sistem manajemen hubungan pelanggan (costumer relationship management-CRM). Di mana data-data yang diperoleh dari situs tersebut diolah oleh CRM untuk mengoordinasikan seluruh proses bisnis yang terjadi melalui situs tersebut. informasi yang didapat dari situs dan CRM dapat membantu perusahaan dalam menggali, menarik dan mempertahankan pelanggan yang paling menguntungkan. Menyediakan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan yang ada serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Dan tidak lupa, perusahaan juga dapat melakukan evaluasi dengan adanya situs dan CRM tersebut agar kinerja Hotel beriman semakin baik kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar