Sabtu, 11 Juni 2011

Karakteristik Hotel Beriman

 Karakteristik Hotel Beriman
            Pengertian dan Karakteristik Jasa Pengertian jasa menurut pendapat para ahli antara lain :
1)   Menurut Kotler (2000:428) “Jasa ialah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud dan menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk.”
2)    Menurut Zeithaml dan Bitner dalam Hurriyati (2005:28) ”Jasa pada dasarnya adalah seluruh aktivitas ekonomi dengan output selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada saat bersamaan, memberikan nilai tambah dan secara prinsip tidak berwujud (intangible) bagi pembeli pertamanya.”
         Berdasarkan pengertian jasa di atas, Tjiptono (2004:18) mengutarakan ada lima karakteristik utama jasa bagi pembeli pertamanya.
a)      Intangibility (tidak berwujud) Jasa bebeda dengan barang. Bila barang merupakan suatu objek, alat, atau benda; maka jasa adalah suatu perbuatan, tindakan, pengalaman, proses, kinerja (performance), atau usaha. Di dalam Hotel Beriman ini terlihat bebas mewujudkan apapun informasi yang diinginkan pelanggan dan memberikan pelayanan yang sesuai diinginkan para pelanggan.
b)  Inseparability (tidak dapat dipisahkan) Barang biasa diproduksi, kemudian dijual, lalu dikonsumsi. Sedangkan jasa umumnya dijual terlebih dahulu, baru kemudian diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama. Dalam Hotel Beriman ini para pelanggan membeli produk kami terlebih dahulu yaitu membeli pelayanan jasa hotel dan kami akan memberikan pelayanan yang maksimal agar biaya dan tenaga yang dikeluarkan sesuai dengan pelayanan yang kami berikan.
c)    Variability / Heterogeneity (berubah-ubah) Jasa bersifat variabel karena merupakan non-standarized output, artinya banyak variasi bentuk, kualitas, dan jenis tergantung kepada siapa, kapan dan dimana jasa tersebut diproduksi. Kami memberikan pelayanan hotel sesuai dengan permintaan pelanggan dan disesuaikan dengan fasilitas yang kami sediakan. Tetapi kami berusaha memberikan pelayanan yang maksimal agar para pelanggan tidak kecewa.
d)   Perishability (tidak tahan lama) Jasa tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan. Kamar hotel yang tidak dihuni berarti tidak ada ada yang orang yang menggunakan jasa pelayanan hotel.
e)   Lack of Ownership Lack of ownership merupakan perbedaan dasar antara jasa dan barang. Pada pembelian barang, konsumen memiliki hak penuh atas penggunaan dan manfaat produk yang dibelinya.di Hotel Beriman ini pelanggan yang sudah membeli jasa pelayanan hotel bisa hak untuk komplain atas pelayanan yang telah hotel berikan.
Klasifikasi Hotel Beriman Dan Implikasinya
        Klasifikasi hotel merupakan suatu sistem pengelompokan hotel-hotel ke dalam berbagai kelas atau tingkatan, berdasarkan ukuran penilaian tertentu. Menurut ukuran besar atau kecilnya hotel, dapat dibagi atas 4 golongan yaitu :
a)      Hotel kecil yang jumlah kamarnya kurang dari 26 kamar.
b)      Rata-rata kecil sedang yang jumlah kamarnya 26 sampai 99 kamar tamu.
c)      Rata-rata sedang menengah yang jumlah kamarnya 100 sampai 299 kamar tamu.
d)     Hotel ukuran besar yang jumlah kamarnya 300 sampai 3000 kamar tamu.
          Menurut sistem perencanaan atau penentuan tarifnya, dapat dibagi menjadi 4 macam plan diantaranya :
a)  European Plan (EP) adalah suatu sistem penentuan tarif disuatu hotel yang dicantumkan dalam harganya hanya merupakan sewa kamar saja.
b)  American Plan (AP) adalah suatu sistem penentuan tarif atau sewa kamar dimana harga yang ditawarkan sudah termasuk sewa kamar dan 3 kali makan.
c)      Full American Plan (FAP) adalah penentuan tarif dengan harga paket yang lebih lengkap fasilitas untuk tamunya.
d)  Continental Plan (CP) adalah suatu sistem penentuan tarif sewa kamar  yaitu sewa kamar +1 kali makan pagi.
            Menurut lokasi, digolongkan menjadi 4 lokasi yaitu :
a)   City Hotel atau motor Hotel adalah hotel yang dibangun atau berlokasi dipusat kota besar yang strategis dan diliputi dengan kesibukan bisnis atau perniagaan.
b)      Highway Hotel adalah hotel yang berlokasi disekitar jalan raya yang menghubungkan satu kota besar dengan kota besar lainnya, sebagai tempat peristirahatan.
c)      Mountain Hotel adalah hotel yang berlokasi pada daerah pegunungan  atau dataran tinggi.
d)     Resort Hotel adalah hotel yang berlokasi didaerah-daerah resort seperti pantai atau dataran rendah.
            Ditinjau dari segi hari-hari operasinya, dibagi menjadi dua golongan yaitu :
a)      Seasonal Hotel yaitu hotel hanya beroperasi secara musiman.
      b)     Year around operating days hotel yaitu hotel yang beroperasi sepanjang tahun.
Hotel Beriman termasuk hotel rata-rata sedang menengah karena hotel beriman ini hanya menyediakan 250 kamar. Dan dalam sistem perencanaan atau penentuan tarifnya menggunakan sistem American Plan (AP) karena dalam penentuan tarif atau sewa kamar dimana harga yang ditawarkan sudah termasuk sewa kamar dan 3 kali makan yaitu seharga 250 ribu per malam. Dan lokasi hotel beriman ini berada di Jombang Jawa Timur dan hotel beriman ini termasuk Highway Hotel karena hotel beriman yang berlokasi disekitar jalan raya yaitu di daerah Diwek Jombang yang mana hotel ini menghubungkan dengan kota-kota besar seperti surabaya dan malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar